Alasan Pentingnya Pola Makan Sehat Sesuai Kebutuhan Tubuh

Alasan Pentingnya Pola Makan Sehat Sesuai Kebutuhan TubuhTerkadang, saat nafsu makan kita sedang meningkat, rasa-rasanya ingin makan semua yang ada dihadapan kita. Ada ayam embat, ada buah sikat, ada cemilan lahap, ada adapun semua disikat. Itu memang wajar, tapi kalau itu menjadi kebiasaan makan maka ini akan menjadi tidak baik untuk kesehatan.

Meskipun makan yang kita konsumsi itu sehat, tapi tetap harus sesuai dengan kebutuhan, janga berlebihan. "Anda boleh makan steak, tapi jangan kombinasikan dengan karbohidrat. Meskipun itu roti, kentang goreng, apalagi nasi," kata Erikar Lebang, pelaku food combining dari Jakarta. Erikar yang berbagi informasi mengenai food combining di program 8-11 Show Metro TV mengatakan, meski perpaduan ini lebih mengenyangkan, tapi kombinasi antara protein hewani dan karbohidrat sangat memberatkan organ cerna. Terutama bila anda memakannya saat terjadi 'siklus pembuangan'. 

Alasan Pentingnya Pola Makan Sehat Sesuai Kebutuhan Tubuh

Siklus pembuangan terjadi setiap pukul 04.00 - 12.00. Dimana saat siklus ini berlangsung, tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk membuang sisa metabolisme seperti feses, keringat, nafas, dan urin. Bila energi yang seharusnya dipakai untuk membuang terpaksa dipakai untuk mencerna, maka akan muncul gangguan pencernaan seperti BAB tak lancar. 

Secara alami tubuh punya 3 siklus yang selalu terjadi sepanjang hari. Bila anda ingin sehat, makanlah di saat siklus pencernaan terjadi, dan berhenti di siklus penyerapan. Siklus pencernaan terjadi setiap pukul 12.00-20.00, siklus penyerapan terjadi setiap pukul 20.00-04.00, dan siklus pembuangan selalu terjadi setiap pukul 04.00-12.00. Di pagi hari, saat siklus pembuangan berlangsung, makanlah makanan yang ringan dan tinggi serat seperti buah. Bila muncul rasa lapar, ulangi konsumsi buah hingga proses pembuangan terselesaikan.

Bagaimana? Jangan makan berlebihan ya, secukupnya saja, kalau sekali-kali tidak masalah. Mudah-mudahan bisa menjadi pencerahan bagi kita semua.

Dapatkan Artikel Gratis di Email Anda