Penyakit Asma, Tipe, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Asma merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan manusia, penyakit ini termasuk penyakit yang kambuhan, berupa peradangan serta penyempitan saluran pernafasan sehingga menyebabkan penderita asma akan mengalami kesulitan bernafas bila asma kambuh. Selain susah bernafas, penderita asma juga akan mengalami dada sesak serta batuk. 
Penyakit ini tergolong penyakit berbahaya sehingga penderitanya memerlukan pertolongan dan perawatan secara intensif. Saat asma kambuh makan saluran pernafasan menuju paru-paru akan membengkak dan mengalami peradangan (inflamasi), sehingga saluran pernafasan menjadi sempit dan mengakibatkan udara yang masuk menjadi sedikit dan pernafasan menjadi tidak normal. Biasanya penderita asma tidak bisa hidup normal seperti orang-orang kebanyakan, tapi bila penderita asma mendapatkan perawatan yang benar, maka kemungkinan besar dia bisa hidup seperti orang kebanyakan.
sesak napas asma

Tipe-Tipe Asma

Sejauh ini mungkin kita hanya mengenal asma, tapi sebenarnya asma memiliki banyak tipe. Dengan mengetahui jenis-jenis asma maka kita bisa melakukan pertolongan yang tepat pada penderita asma, karena memang, berbeda tipe akan membutuhkan perawatan berbeda pula. Berikut ini beberapa tipe asma yang harus anda ketahui:
  • Asma alergik (Allergic Asthma)
  • Asma non-alergik (Non-Allergic Asthma/Intrinsic Asthma)
  • Exercise-induced asthma (EIA)
  • Nocturnal Asthma
  • Cough-variant asthma
  • Occupational Asthma

Penyebab Asma

1. Inflamasi dan Penyempitan Saluran Pernapasan

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, asma merupakan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Jika saluran pernapasan anda mengalami pembengkakan maka sangat rentan sekali terhadap iritasi dan sangat mudah sekali terkena asma.

2. Lingkungan


Asma juga disebabkan oleh faktor eksternal seperti polusi udara akibat asap kendaraan, rokok, dll. Kualitas udara yang buruk juga dapat menyebabkan seseorang terkena asma.

3. Genetik

Faktor keturunan juga menjadi salah satu faktor penyebab asma, seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan asma beresiko lebih besar terkena asma daripada mereka yang tidak

Pemicu Asma


Asma biasanya muncul sebagai akibat dari reaksi terhadap beberapa hal, seperti 
  • Debu
  • Serbuk sari
  • Jamur
  • Bulu binatang
  • Asap rokok
  • Stres
  • Aktivitas fisik
  • Perubahan cuaca
  • Reaksi alergi terhadap beberapa jenis makanan
  • Obat-obatan tertentu

Gejala Asma

Untuk mengetahui apakah seseorang terkena asma, maka bisa dilihat dari beberapa gejala berikut ini. 

1. Batuk

Batuk kering merupakan gejala yang sering muncul, kalau malam hari akan semakin parah.

2. Mengi

Mengi (wheezing) adalah suara — mirip bersiul — yang timbul akibat udara melewati saluran pernapasan yang sempit. Gejala ini adalah tanda yang paling dapat dikenali oleh setiap orang sebagai gejala asma.

3. Sesak Napas

Saat saluran pernapasan menjadi sempit akibat inflamasi, penderitanya akan kesulitan bernapas atau bernapas dengan pendek dan cepat. Terlebih lagi jika gejala ini bersamaan dengan batuk parah.

4. Dada Sesak atau Sakit

Nah ini mungkin yang sering anda perhatikan jika asma seseorang sedang kambuh, dia akan mengalami sesak pada dada dan diiringi juga dengan rasa sakit, mereka biasanya akan menekan-nekan dada mereka. Hal ini ditimbulkan oleh saluran pernapasan menegang..

Pengobatan & Penanganan Asma

Obat-Obatan Asma

Obat-obatan untuk asma dibagi menjadi dua tipe: obat untuk mengobati gejala/serangan asma (pengobatan) dan obat untuk mencegah munculnya gejala/serangan lebih lanjut (pencegahan). Obat-obatan ini bisa menyelamatkan nyawa penderita asma, dan juga membuat mereka dapat tetap beraktifitas normal walaupun memiliki penyakit asma.
inhaler asma
Inhaler untuk asma
Umumnya obat untuk asma berupa anti-inflamantory (anti-peradangan). Obat ini berfungsi untuk mencegah serangan asma dengan cara mengurangi pembengkakan dan membersihkan lendir yang mempersempit liang/saluran pernapasan. Hasilnya, saluran pernapasan menjadi lebih lega dan tidak terlalu sensitiv terhadap pemicu asma.
Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dan mendapatkan obat-obatan asma secara spesifik.

Inhaler Asma

Inhaler untuk asma adalah sebuah alat kecil yang digunakan dengan cara disemprotkan dan dihirup. Inhaler adalah cara paling efektif untuk mengantarkan obat langsung ke paru-paru.
Terdapat beragam jenis inhaler untuk asma, baik itu untuk anak maupun dewasa, untuk penanganan cepat terhadap serangan asma, untuk memperlancar saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

Nebulizer (Asthma Nebulizer)

nebulizer asma
Nebulizer asma
Mudah-mudahan ulasan mengenai Penyakit Asma, Tipe, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya di atas bermanfaat untuk para pembaca semua. Baca juga Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami.

Dapatkan Artikel Gratis di Email Anda