Gejala dan Cara Mengobati Diabetes Pada Masa Kehamilan Secara Alami

Masa kehamilan sangat rentan sekali terhadap gangguan kesehatan. Ibu hamil biasanya sangat sulit untuk makan, beraktifitas, atau berolahraga, hal ini yang biasanya memicu ibu hamil rentan terserang berbagai macam penyakit. Padahal saat kehamilan membutuhkan nutrisi untuk mengasup sang janin yang ada di dalam kandungan. 

Salah satu penyakit yang muncul saat hamil adalah diabetes. Diabetes jenis ini tidak bisa disepelekan karena dapat memicu komplikasi sehingga dapat membahayakan ibu dan anak nantinya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan akibat diabetes, maka anda perlu mengetahui gejala-gejala diabetes pada masa kehamilan. 

Diabetes gestational atau diabetes pada masa kehamilan terjadi akibat naiknya gula darah yang dipicu oleh hormon yang dilepaskan plasenta sehingga dapat menghalangi kerja dari hormon insulin dalam sel-sel tubuh sehingga terjadinya resistensi insulin pada ibu hamil, yaitu kondisi dimana sel yang berada dalam tubuh ibu hamil mengalami kesulitan dalam menggunakan insulin. 

Diabetes jenis ini biasanya akan hilang seiring dengan masa melahirkan, tapi, sang ibu berkemungkinan terserang diabetes tipe 2. Apa saja kira-kira gejala yang ditimbulkan oleh diabetes ini? Berikut ini selengkapnya.

Gejala Diabetes pada Saat Kehamilan

Gejala-gejala Diabetes Gestational (Ibu Hamil)

  1. Sering haus secara berlebihan
  2. Sering buang air kecil
  3. Sering lapar
  4. Kelelahan yang berlebihan
  5. Sering mual
  6. Berdampak pada masalah kesehatan seperti kabur
Untuk memastikan lebih lanjut sebaiknya anda memeriksakan jumlah gula dalam darah anda ke dokter. Nah, sekarang kita bahas Cara Mengobati Diabetes pada masa Kehamilan. Sebenarnya, untuk mencegahnya anda hanya butuh untuk mengkonsumsi makanan sehat sehari-hari, beraktivitas ringan di rumah, atau bisa juga jalan-jalan di pagi hari bersama suami. Untuk lebih lengkapnya berikut ini:

Cara Mengobati Diabetes pada masa Kehamilan

1. Lakukan Diet

Ibu hamil membutuhkan makanan bernutrisi, untuk dirinya dan untuk janin yang dikandunganya. Sebisa mungkin hindari makanan dan minuman manis atau yang bergula sederhana. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

2. Selalu kontrol gula darah


 Jangan sampai gula darah anda melebihi normalnya. Gula darah orang puasa adalah 100mg/dl, sedangkan gula darah orang tidak puasa biasanya 140mg/dl.

3. Menyuntik Insulin


Ini bisa menjadi alternatif untuk anda. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, penderita diabetes mengalami penurunan jumlan insulin dalam tubuh sehingga membutuhkan asupan insulin, dan ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi sembarang obat, maka dari itu anda bisa menyuntik insulin untuk menambahnya.

4. Anda perlu memantau Hipoglikemi


Gula darah itu dibutuhkan oleh tubuh kita, tapi tidak dalam jumlah berlebih. Anda boleh saja mengemil tapi jangan berlebihan ya. Oh ya, jangan sampai gula darah anda drop. 

5. Olahraga ringan bagi ibu hamil


Jadi, masa hamil bukan untuk masa manja-manja dan tidak melakukan aktivitas apapun. Anda sebaiknya tetap mencuci piring, jalan-jalan di pagi hari, membersihkan rumah, dan aktivitas ringan lainnya. Jangan terlalu berat ya.


Bagaimana? Mudah-mudahan artikel mengenai Gejala dan Cara Mengobati Diabetes Pada Masa Kehamilan Secara Alami bisa membantu anda ya. Jadikan masa-masa kehamilan menjadi momen yang sangat berharga. Baca juga Penyakit Asma, Tipe, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya.

Dapatkan Artikel Gratis di Email Anda