10 Jenis Makanan Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal itu susah-susah gampang. Lebih banyak susahnya daripada gampangnya. Dibilang susah karena akan ada banyak godaan dari luar, salah satunya adalah makanan yang enak. Kalau godaannya makanan tidak enak sih mudah, godaannya cokelat, cemilan, dan makanan-mkanan manis lainnya yang sangat menggugah selera kita. 

Nah, bagi anda yang suka makan, ada 10 Jenis Makanan Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal yang bisa anda konsumsi tanpa harus khawatir berat badan anda bertambah. Tentu saja anda mengkonsumsinya juga harus terkendali jangan sampai makan tanpa batas, ya namanya berlebihan pasti tidak baik. 

10 Jenis Makanan Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal ini mungkin sudah anda konsumsi sehari-hari, selamat kalau gitu, tinggal dibiasakan saja lagi. Makanan dengan kadar air yang cukup tinggi ini juga mengandung protein dan lemak yang tinggi. Apa saja kira-kira makan tersebut? Silahkan simak berikut ini ya.

Makanan Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal

10 Jenis Makanan Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal


1. Apel

Buah yang satu ini sangat baik untuk menjaga berat badan anda tetap ideal, pasalnya apel mengandung serat yang tinggi sehingga mudah dicerna, baik untuk pencernaan dan dapat memberantas kolesterol atau lemak jahat. Selain serat, apel juga mengandung quecertin, plavanoid dalam buah apel pun bisa menjadi buah apel sebagai buah yang mampu memerangi kanker dalam tubuh. Makan 1 buah perhari, jangan lupa makannya dengan kulitnya juga tentu yanag sudah dicuci ya. 

2. Kacang almond

Kacang almond mengandung zat besi, magnesium dan vitamin E yang cukup tinggi. Kacang jenis ini termasuk makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain itu, kacang almond olahan memberikan serat bagi tubuh kita.

3. Bluberry

Bluberry memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, vitamin C, serat dan anti oksidan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Anda bisa menikmati buah ini sebagai campuran dengan makanan lain, seperti yogurt, sereal, salad dan lain-lain

4. Sayur Bayam

Bayam kaya akan  magnesium, zat besi, vitamin A dan vitamin C. Sangat baik juga untuk kesehatan rambut dan kulit anda. Popeye makan bayam makanya bisa kuat kan? :)

5. Kacang merah

Selain kacang almond, kacang merah juga bagus untuk kita konsumsi, kandungan serat yang tinggi dan nutrisi lain seperti protein, zat besi, fosfor, magnesium sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

6. Brokoli

Ada banyak sekali manfaat brokoli, sayur yang satu ini kaya akan kalsium, potassium, serta vitamin A dan C. Waktu masak jangan terlalu matang ya, agar nutrisi yang terdapat di dalamnya tidak rusak. Sebisa mungkin hindari penggunaan saus atau bumbu penyedap.

7. Ubi Kayu

Makanan murah meriah dan bisa kita dapatkan dengan mudah ini ternyata merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin A, vitamin B, Vitamin C dan E sarat dengan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu ubi kayu rendah kalori. Masak di panggang lebih baik.

8. Salmon


Ikan yang satu ini sudah sangat terkenal dengan omega 3nya. Selain itu, ikan ini juga mengandung protein yang tinggi.

9. Gandum


Kandungan vitamin B3, thiamin atau vitamin B1, zat besi, serat, dan vitamin E membuat gandum sangat baik untuk dikonsumsi. Anda bisa menjadikan gamdum sebagai roti atau isy (makanan orang Arab). 

10 Kedelai.


Makanan yang satu ini sangat kaya akan protein nabati. Selain itu kedelai juga kaya akan omega 3, kalsium, dan zat besi. Anda bisa menikmatinya sebagai tempe, tahu, susu, dan lain sebagainya.

Itulah 10 Jenis Makanan Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal yang bisa anda konsumsi tanpa harus khawatir dengan berat badan anda. Semoga bermanfaat. Baca juga Gejala dan Cara Mengobati Diabetes Pada Masa Kehamilan Secara Alami